Sabtu, 23 April 2011

Nama : Nur Mahmudi Ismail S
Nim : 12096591
Kelas: 12.4J.07


Pengertian Manajemen
Manajemen merupakan sebuah proses untuk mencapai tujuan bersama dengan menggunakan empat fungsi utama, yaitu planning, organizing, actuating, dan controlling yang didasari pada sumber daya yang dimiliki.
Jadi Manajemen Proyek adalah suatau perencanaan yang terstruktur dengan ketentuan – ketentuan tertentu,untuk mencapai suatu tujuan yang jelas,dan dalam waktu yang telah ditentukan.

PENGERTIAN PROYEK

• Manajemen proyek merupakan suatu tugas yang perlu dirumuskan untuk mencapai sasaran yang dinyatakan secara kongkrit serta harus diselesaikan dalam suatu periode tertentu dengan menggunakan tenaga manusia dan alat-alat yang terbatas dan begitu kompleks sehingga dibutuhkan pengelolaan dan kerjasama yang berbeda dari yang biasanya digunakan.

• Menurut DI Cleland dan Wr. King (1987)
Proyek merupakan gabungan dari berbagai sumber daya yang dihimpun dalam organisasi sementara untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

• Proyek pun memiliki karakteristik, yaitu sebagai berikut:
- mempunyai tujuan yang jelas, menuju atau membuat prubahan,atau pun produk baru,
- semua kegiatannya di batasi waktu yang telah ditentukan, sifatnya sementara, dan diketahui kapan waktu mulai dan berakhirnya suatu proyek.
- pengerjaanya di batasi oleh waktu,biaya,atau budget, dan juga kualitas
- biasanya tidak berulang-ulang
- memerlukan struktur organisasi temporari

MANAJEMEN PROYEK

Manajemen proyek merupakan suatu usaha merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasi, dan mengawasi kegiatan dalam proyek sedemikian rupa sehingga sesuai dengan jadwal waktu dan anggaran yang telah ditetapkan.
Alasan pemilihan manajemen proyek adalah :
1. Tingkat kesulitan dalam tugas-tugas yang diperintahkan meningkat.
2. Cepatnya perkembangan teori maupun praktek.
3. Biaya meningkat, lamanya bisa dipakai suatu barang menurun dan hilangnya nilai suatu barang.
4. Risiko-risiko dan biaya-biaya proyek di masa datang dapat turun.
Manajemen sebuah proyek harus dipandang sebagai sebuah pekerjaan sekali waktu. Sedangkan kata “proyek” bermakna sebuah pekerjaan besar yang sangat besar kemungkinannya tidak terulang pada jangka waktu tertentu dimasa depan. Suatu kesalahan akan sangat mahal, sehingga sangat diinginkan untuk melaksanakan tahap demi tahap tanpa kesalahan. Ini sangat kontras dengan manajemen produksi di mana Anda punya banyak kesempatan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan seperti rancangan, segi-segi operasi produksi, pada waktu produksi berikutnya. Artinya manajemen produksi bersifat repetitif (berulang), sedangkan manajemen proyek adalah sekali saja, khusus untuk suatu proyek.

Sebelum kita mengetahui apa pengertian dari manajemen proyek ,terlebih kita mengetahui pengertian dari proyek, dan pengertian manajemen itu sendiri. Karna menurut sumber yang saya baca manajemen proyek terdiri dari dua kata yaitu proyek dan manajemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar