Sabtu, 23 April 2011

NAMA :ELVINSYAH ARMANA T
NIM :12096607
KELAS :12.4J.07

Manajemen Strategis-Proses Perencanaan Strategis

Manajemen strategis adalah seni dan ilmu penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan-keputusan lintas fungsional yang dapat memungkinkan suatu perusahaan mencapat sasarannya. Manajemen strategis adalah proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran tersebut, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi. Manajemen strategis mengkombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu bisnis untuk mencapai tujuan organisasi.
Manajemen strategis merupakan aktivitas manajemen tertinggi yang biasanya disusun oleh dewan direktur dan dilaksanakan oleh CEO serta tim eksekutif organisasi tersebut. Manajemen strategis memberikan arahan menyeluruh untuk perusahaan dan terkait erat dengan bidang perilaku organisasi.
A. Proses Perencanaan Srategis
Model diagram alur proses perencanaan strategis
1. MISI
Sebuah misi perusahaan adalah alasan keberadaan. Misi sering diungkapkan dalam pernyataan misi, yang menyampaikan rasa tujuan proyek kepada karyawan dan citra perusahaan kepada pelanggan. Dalam perumusan proses strategi, pernyataan misi merupakan suasana hati perusahaan kemana harus pergi
2. TUJUAN
Tujuan adalah tujuan konkret organisasi berusaha untuk mencapainya, misalnya, sebuah target pertumbuhan pendapatan. Tujuan harus menantang tapi dapat dicapai.
3. ANALISIS SITUASI
Setelah perusahaan menetapkan tujuannya, dimulai dengan saat ini untuk menyusun rencana strategis untuk mencapai tujuan tersebut. Perubahan dalam lingkungan eksternal sering muncul peluang-peluang baru dan cara-cara baru untuk mencapai tujuan. Scan lingkungan dilakukan untuk mengidentifikasi peluang-peluang yang tersedia. Perusahan juga harus mengetahui kemampuan dan keterbatasn untuk memilih peluang yang mengejar dengan probabilitas keberhasilan yang lebih tinggi.
Lingkungan eksternal memiliki dua aspek: lingkungan makro yang mempengaruhi semua perusahaan dan lingkungan mikro yang mempengaruhi perusahaan dalam industri tertentu. Makro meliputi analisis lingkungan politik, ekonomi, sosial, dan faktor-faktor teknologi yang kadang-kadang disebut sebagai ANALISIS PEST. Sebuah aspek penting dari analisis lingkungan mikro adalah industri dimana perusahaan beroperasi atau sedang mempertimbankan operasi.
Analisis internal mempertimbangkan situasi di dalam perusahaan itu sendiri, seperti :
a. Budaya perusahaan
b. citra perusahaan
c. struktur organisasi
d. staf kunci
e. akses ke sumber daya alam
f. posisi pada kurva pengalaman
g. efisiensi
h. kapasitas operasional
i. merek
j. pasar
k. sumber kuangan
l. eksklusif kontrak
m. paten dan rahasia dagang
Sebuah analisis situasi dapat menghasilkan sejumlah besar informasi, banyak yang tidak terlalu relevan dengan perumusan strategi. Untuk membuat informasi lebih mudah ditangani, kadang-kadang adalah berguna untuk menkategorikan faktor-faktor internal perusahaan sebagai kekuatan dan kelemahan, dan faktor-faktor eksternal sebagai peluang dan ancaman. Analisis seperti ini sering disebut dengan analisis SWOT.
4. PENYUSUNAN STRATEGI
Begitu gambaran yang jelas tentang perusahaan dan lingkungannya yang ada ditangan, alternatif strategis tertentu dapat dikembangkan. Sementara perusahaan yang berbeda memiliki alternatif yang berbeda tergantung pada situasi mereka, ada juga strategi generik yang dapat diterapkan diberbagai perusahaan. Michael Porter mengidentifikasi kepemimpinan biaya, diferensiasi, dan fokus sebagai tiga strategi generik yang dapat dipertimbangkan sebagai alternatif strategis.
5. PELAKSANAAN
Kemungkinan strategi akan dinyatakan dalam tingkat tinggi istilah konseptual dan prioritas. Implementasi yang efektif, perlu diterjemahkan ke dalam kebijakan yang lebih rinci dapat dipahami di tingkat fungsional organisasi. Ekspresi strategi dalam hal kebijakan fungsional juga berfungsi untuk menyoroti isu-isu praktis yang mungkin tidak terlihat pada tingkat yang lebih tinggi. Strategi ini harus diterjemahkan ke dalam kebijakan-kabijakan khusus untuk bidang fungsional seperti :
a. pemasaran
b. penelitian dan pengembangan
c. pengadaan
d. produksi
e. SDM
f. sistem informasi
Selain mengembangkan kebijakan fungsional, tahap pelaksanaan melibatkan identifikasi sumber daya yang diperlukan dan meletakkan ke tempatnya yang diperlukan perubahan organisasi.
6. CONTROL
Setelah diimplementasikan, hasil dari strategi perlu diukur dan dievaluasi, dengan perubahan yang dibuat seperti yang diperlukan untuk tetap pada jalur rencana. Sistem kontrol harus dikembangkan dan dilaksanakan untuk memfasilitasi pemantauan ini. Standar kinerja yang ditetapkan, performa yang sebenarnya diukur, dan tindakan yang tepat diambil untuk memastikan keberhasilan.
7. DINAMIS DAN PROSES BERKELANJUTAN
Suatu perubahan dalam satu komponen dapat memerlukan perubahan dalam seluruh strategi. Dengan demikian, proses proses harus diulang dalam rangka strategi untuk mengadaptasi perubahan lingkungan. Sepanjang proses perusahaan mungkin memerlukan siklus kembali ke tahap sebelumnya dan membuat penyesuaian.
8. KERUGIAN PROSES INI
Proses perencanaan strategis yang diuraikan di atas hanya merupakan satu pendekatan manajemen strategis. Hal ini paling cocok untuk lingkungan yang stabil. Kelemahan ini sebuah pendekatan Top-Down adalah bahwa hal itu adalah mungkin tidak cukup responsif untuk cepat mengubah lingkungan kompetitif. Dalam masa-masa perubahan, beberapa strategi yang lebih sukses muncul secara informal dari tingkat yang lebih rendah dari organisasi, dimana manajer yang lebih dekat dengan pelanggan dari hari ke hari.
Kelemahan lainnya adalah bahwa model perencanaan strategis ini mengasumsikan cukup akurat peramalan dan tidak mempertimbangkan kejadian tak terduga. Dalam dunia yang tidak menentu, prakiraan jangka panjang tidak dapat diandalkan dengan tingkat kepercayaan yang tinggi. Dalam hal ini, banyak perusahaan yang telah berpaling ke skenario perencanaan sebagai alat untuk menghadapi berbagai kemungkinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar